Pengertian dan Penjelasan Waralaba Beserta Contohnya

Indonesia merupakan salah satu Negara yang sedang berkembang dari sekian banyak Negara di Asia. Meningkatnya peluang bisnis yang ada di Indonesia, membuat semuanya menjadi menarik, karena terbagi kedalam berbagai jenis dan klasifikasi jenis usaha. Salah satu yang akan kita bahas disini adalah mengenai Bisnis Waralaba. Pengertian Waralaba dalam bahasa Inggris, adalah franchising  dan dalam bahasa Perancis adalah  franchise yang aslinya berarti hak atau kebebasan. Adapun pengertian lainnya, yakni Waralaba merupakan suatu strategi yang dibangun dengan system, format bisnis, dan pemasaran yang bertujuan untuk mengembangkan jaringan usaha untuk mengemas suatu produk barang atau jasa dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati antara pemilik suatu merek dengan pemberian izin nya dan pihak kedua sebagai pemilik bisnis.
Waralaba diperkenalkan pertama kali pada tahun 1850-an oleh Isaac Singer. Dia  merupakan seorang pembuat mesin jahit Singer. Suatu waktu, dia berupaya untuk meningkatkan distribusi penjualan mesin jahitnya dengan format bisnis waralaba, walaupun pada akhirnya usaha tersebut menuai kegagalan. Namun, cara ini kemudian di ikuti oleh pendiri Coca Cola, John S Pemberton yang kemudian sukses sebagai pewaralaba dunia hingga saat ini. Di Indonesia sistem waralaba mulai dikenal pada tahun 1950-an dengan munculnya dealer kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi. Selanjutnya, bisnis waralaba ini memiliki kepastian hukum dalam praktiknya yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) PP no 42 tahun 2007 tentang Waralaba.
Menurut pengertian waralaba terbagi kedalam dua jenis, diantaranya adalah:
  • Waralaba Luar Negeri, merupakan jenis usaha yang berasal dari Luar negeri (CFC, Pizza)
  • Waralaba di dalam Negeri, merupakan waralaba yang berasal di dalam Negeri (Bakso Atom, Bangi Kopi)
Makanan Ringan menjadi salah satu makanan paling banyak di konsumsi. Makanan ringan sering dijadikan teman untuk camilan dalam berbagai kegiatan. Dengan meningkatnya permintaan terhadap makanan Ringan ini, membuat peluang usaha yang menguntungkan bagi para pelaku bisnis waralaba. Berikut bisnis waralaba makanan ringan yang bisa Anda jadikan referensi sebagai peluang usaha.
  1. Aneka Olahan Kripik
Kripik menjadi salah satu olahan makanan ringan yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain harganya yang memang terjangkau, rasa yang di hadirkan juga memiliki banyak varian. Kripik juga mudah di temukan di mana-mana, dan tidak sulit untuk di cari. Untuk Anda yang berminat dalam usaha kripik ini Anda dapat bergabung dengan bisnis waralaba yang ada.
  1. Olahan Tahu Goreng
Beberapa waktu lalu kita mengetahui bahwa penjualan terhadap Tahu meningkat. Hal ini disebabkan oleh permintaan pasar terhadap tahu meningkat. Banyak bisnis waralaba yang berdiri dengan melakukan produksi utama terhadap makanan berbahan dasar dari tahu ini, salah satunya adalah Tahu Bulat.
  1. Kebab
Makanan khas Timur Tengah menjadi salah satu makanan ringan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Sajian kebab ini selain memiliki rasa yang enak, tapi juga kandungan gizinya yang tinggi. Oleh sebab itu, bisnis waralaba makan ringan menjadi salah satu bisnis yang paling banyak diminati.
Sesuai pengertian waralaba makanan ringan sudah sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Dimanapun kita berada, makanan ringan selalu menghadirkan  hidangannya yang unik dan variasinya untuk Anda konsumsi. Bisnis waralaba makanan ringan ini sudah sepatutnya Anda coba sebagai langkah awal untuk memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Selamat Mencoba dan Sukses.

Related Posts

Pengertian dan Penjelasan Waralaba Beserta Contohnya
4/ 5
Oleh