Contoh Surat Undangan Pengajian



Pengertian Surat Undangan Pengajian

Surat undangan pengajian adalah surat yang dibuat untuk menginformasikan kepada pihak lain untuk menghadiri acara pengajian pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan. Karena ini surat undangan, maka tentu dibuat dalam jumlah banyak, dan pembuatannya juga dilakukan secara distensil.

Cara Membuat Surat Undangan Pengajian

Membuat surat undangan pengajian sama halnya dengan pembuatan surat undangan lainnya. Meskipun demikian, saya tetap akan menjelaskan sedikit bagaimana cara membuat surat undangan pengajian yang baik dan benar. Yang pertama adalah penggunaan bahasa, bahasa yang digunakan dalam surat undangan pengajian haruslah bahasa yang formal/Baku. Selanjutnya, cantumkan nama acaranya, tempat serta waktu acaranya.

Adapun susunan atau bagian dari surat undangan pengajian adalah sebagai berikut :

1. Kepala Surat/Kop Surat (jika ada)
2. Tempat dan Tanggal Surat
3. Nomor Surat
4. Perihal
5. Salam Pembuka
6. Isi
7. Salam Penutup
8. Tanda Tangan Penanggung Jawab

Gambar Contoh Surat Undangan Pengajian
 
Dari sedikit penjelasan di atas, apakah Sahabat sudah tahu bagaimana format surat undangan pengajian? Jika belum tahu juga, silahkan lihat contoh di bawah ini.

Contoh Surat Undangan Pengajian

KOP SURAT ORGANISASI/KELOMPOK PENGAJIAN
===================================================================

Banda Aceh, 09 Februari 2016

No.  : ..........
Hal  : Undangan

Kepada Yth
Bapak/Ibu/Saudara/i......
Di Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Sholawat serta salam kita sampaikan kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW beserta sahabatnya. semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin.

Bersama ini kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i dalam acara Pembukaan Pengajian Rutin ..................., yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal   : Minggu/14 Februari 2016
Jam                   : 15.00 WIB
Tempat             : Mesjid Baitul Izzati
Penceramah    : Ust. Fakhrurrazi

Demikian Undangan ini kami sampaikan, dimohon kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i tepat pada waktunya. Atas kehadirannya kami mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,
Ketua                                                                                                             Sekretaris


( Nama Ketua )                                                                                        (Nama Sekretaris )

Contoh Surat Undangan Pengajian Pernikahan

Kepada Yth :
Bapak/Ibu .......
Di - Tempat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, seraya memohon Ridho Allah SWT, kami bermaksud menyelenggarakan pengajian yang merupakan rangkaian acara pernikahan putra kami.

Pengajian Akan diselengarakan pada :

Hari/Tanggal   : Sabtu/13 Februari 2016
Waktu               : 09.00 - 11.00 WIB
Tempat             : Kediaman Bp. Anwar Sudrajat, jl. Surbakti No. 34 Medan

Merupakan suatu kehormatan bagi kami, apabila Bapak/Ibu berkenan hadir pada acara pengajian dimaksud. Atas kehadiran Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Keluarga Anwar Sudrajat

Demikianlah 2 contoh surat undangan pengajian yang dapat saya bagikan pada pagi hari ini, semoga dapat Anda jadikan sebagai tambahan referensi dalam membuat surat undangan pengajian. Jika surat di atas bermanfaat, silahkan like dan share kepada teman lain yang membutuhkan melalui tombol di bawah ini.


EmoticonEmoticon