Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) merupakan contoh surat terbaru yang akan saya bahas pada siang hari ini. Namun sebelum itu, pada postingan saya sebelumnya saya sudah membagikan contoh surat perjanjian kerja, jadi jika Anda membutuhkan sebagai referensi, silahkan menuju langsung ke postingan tersebut. Namun jika Anda saat ini sedang membutuhkan referensi dalam membuat surat pemutusan hubungan kerja, silahkan simak terus halaman ini sampai selesai, karena disini saya akan membagikan informasi mengenai contoh surat pemecatan atau pemberhentian hubungan kerja (PHK) berikut dengan contoh-contohnya.

Apa Itu Surat Pemutusan Hubungan Kerja?

Dalam dunia kerja yang berhubungan dengan perusahaan atau instansi resmi, kita pasti sering dihadapkan dengan surat-menyurat. Misalnya ingin melamar pekerjaan, maka kita akan membutuhkan surat lamaran kerja. Dan disaat kita ingin mengundurkan diri, maka kita juga akan membutuhkan surat pengunduran diri (Resign). Begitu juga halnya ketika ada seorang karyawan yang melakukan kesalahan yang sudah berulang kali, kinerja karyawan yang kurang baik atau karena adanya program efisiensi perusahaan sehingga mengharuskan pengurangan jumlah karyawan, maka harus diberhentikan atau pemutusan hubungan kerja (PHK). Dan untuk memberhentikan seorang karyawan perusahaan secara resmi, perusahaan biasanya memberikan surat pemutusan hubungan kerja.

Surat pemutusan hubungan kerja (PHK) adalah surat yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan / instansi tertentu kepada karyawannya yang melanggar peraturan tertentu yang sudah ditetapkan oleh perusahaan / instansi tersebut. Pada umumnya surat pemecatan karyawan ini dikeluarkan setelah beberapa kali karyawan masih mengulangi pelanggaran peraturan perusahaan. Biasanya setelah 3 kali karyawan tersebut diberi somasi dan kesalahan tetap masih saja dilakukan, maka perusahaan dalam hal ini berhak untuk mengeluarkan surat pemutusan hubungan kerja karyawan ini. Lalu bagaimana cara membuat surat pemberhentian / surat pemutusan hubungan kerja?

Baca Juga:

Contoh Surat Keterangan Dokter Yang Baik


Cara Membuat Surat Pemutusan Hubungan Kerja

Membuat surat pemutusan hubungan kerja sebenarnya tidaklah sulit. Dan setiap perushaaan /instansi tentunya sudah memiliki format surat phk karyawan tersendiri. Namun secara umum, surat pemberhentian kerja ini terbagi dari kepada beberapa bagian-bagian seperti dibawah ini :

1. Kepala surat / kop perusahaan / instansi
2. Nomor surat
3. Perihal
4. Orang yang dituju
5. Isi, yang meliputi :
    a. Nama karyawan yang diberhentikan
    b. Alasan pemutusan hubungan kerja
    c. Ucapan terima kasih
6. Tempat dan tanggal surat
7. Tanda tangan Pejabat berwenang


Dari bagian-bagian yang saya sebutkan di atas, tentunya Anda sudah mengerti bagaimana format surat pemutusan hubungan kerja karyawan. Namun jika masih bingung, mari kita simak beberapa contoh berikut ini.

Contoh Surat Pemecatan Karyawan I

PT. SINAR BARU
Jln. Meuligoe No. 36 Banda Aceh
Telp. (0651) 345675 Fax. 345675
=============================================================

SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA
Nomor : 079/PT.SB/PHK/IV/2016

Perihal : Surat Pemutusan Hubungan Kerja

Kepada Yth,
Sdr. Agustian
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan hasil evaluasi kinerja saudara selama 6 (enam) bulan terakhir, maka kami menilai tidak ada peningkatan dan perbaikan kinerja dari sisi kedisiplinan dan tanggungjawab pekerjaan. Maka dari itu, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerja (pemutusan hubungan kerja) dengan Sdr. Agustian. Dengan demikian, terhitung mulai tanggal 01 (satu) bulan Juli, tahun 2016 hubungan kerja antara PT. Sinar Baru dengan Sdr. Agustian dinyatakan sudah berakhir. Dan atas nama lembaga, kami menyampaikan banyak terima kasih atas kinerja yang Saudara berikan selama ini.

Demikian surat pemutusan hubungan kerja ini kami sampaikan, dan agar dapat dimaklumi, terima kasih.

Banda Aceh, 27 Juni 2016
PT. Sinar Baru


Abizar
HRD Manager



EmoticonEmoticon