Bagimana Cara Mengirim Paket Via JNE? Ini Caranya




Mengenal apa itu JNE?

Bermula dengan delapan orang dan kapital 100 juta rupiah, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) untuk mengurusi jaringan kurir internasional.JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia. Namun seiring perkembagannya JNE kini juga fokus dalam persaingan pasar lokal Indonesia. Kalau dulunya JNE masih tergabung bersama TIKI saat ini, keduanya sudah berdiri sendiri sendiri. JNE juga sudah memiliki logo sendiri, memiliki gedung sebagai kantor sendiri JNE Operations Sorting Center. Nah jadi sedikit tau kan, siapa yang mendirikan, JNE lalu bagaimana perkembangannya, sampai saat ini JNE sudah membuka keagenan diberbagai kota di Indonesia, bahkan di kabupaten tempat saya tinggal sudah ada lebih dari 2 agen JNE sehingga lebih memudahkan kita dalam hal kirim - kirim barang.

Lalu apa saja paket pengiriman yang ditawarkan JNE ?

JNE menawarkan tiga paket sebagai layanan unggulan mereka yaitu :
  1. Paket YES kepanjangannya adalah Yakin Esok Sampai untuk estimasi lamanya waktu pengiriman dari paket ini adalah 1 - 2 hari.
  2. Paket REG (Paket Reguler) estimasi waktu pengiriman adalah antara 2 sampai dengan 8 hari.
  3. Paket OKE (Ongkos kirim ekonomis) dengan estimasi lamanya waktu pengiriman barang adalah antara 3 - 14 hari.
Masing masing range atau jarak waktu dari estimasi diatas tentunya juga ditentukan berdasarkan jauh atau dekat lokasi tujuan pengiriman paket, karena hal ini sangat mempengaruhi proses mobilisasi kerja dilapangan saat pengiriman paket. Dari tiga pilihan diatas mana yang bagus?? untuk pertanyaan yang satu ini saya menjawab relatif karena berkaitan dengan efisiensi biaya yang akan anda keluarkan, misal jika anda diminta saudara mengirim surat penting paling lambat satu bulan kedepan (maksimal lama harus paket harus tiba ditempat saudara anda) maka jika anda memilih paket YES secara servise memang lebih cepat sampai namun jika anda pertimbangkan secara ekonomis saya lebih menyarankan untuk menggunakan paket OKE (Ongkos kirim ekonomis) karena tentu tarifnya lebih murah dan paling lama barang samapai 14 hari, padahal batas keterlambatan masih 1 bulan. Nah kelebihannya dari pengiriman JNE ini sudah bekerjasama dengan asuransi yang akan menjaminkan keselamatan dan keamanan barang / paket anda.

Baca Juga:

Kumpulan Surat Lamaran Kerja Pilihan Lengkap



Beberapa hari kemarin saya dimintai tolong oleh tetangga untuk mengantarkan paket STNK kepada anaknya yang beralamatkan di Kotabumi, Tangerang, Banten. Oke dan sayapun meluncur ke kota wonosari untuk menuju ke agen JNE. Disana langsung disambut sama pegawainya," selamat siang ada yang bisa dibantu?? " , "mau kirim paket kemana pak??",  "Ke Tengerang Mbak" jawab saya. Langsung pegawai tersebut mengambil buku yang berisi tarif kirim dari Wonosari keberbagai kota. Selanjutnya saya memilih paket YES (dengan biaya Rp. 38.000,- tentunya berbeda jarak beda tarif) karena 3-4 empat hari kedepan surat ini sudah harus sampai disana. Lalu saya juga memilih untuk diasuransikan, sebesar Rp. 8.000,- untuk asuransi dengan rincian Rp. 3000, insurance dan Rp. 5000, insurace admin. Semua data ditulis oleh petugas, termasuk data nomor telepon pengirim dan penerima, oke saya tinggal tanda tangan saya pada kwitansi pembayaran. Selanjutnya Petugas menunjukkan nomor resi tepatnya dibawah barcode kwitansi pada JNE. Nomor inilah yang nantinya bisa digunakan untuk mengecek status pengiriman melalui Web JNE


Cara cek status pengiriman paket JNE melalui Web :

  1. Buka web JNE lalu isikan resi pada kotak trace n tracking dan lagsung klik link search (untuk pencarian)
  2. Masukan kode sesuai karakter captcha yang tampil dan klik link search
  3. Muncul status pengiriman, untuk melihat status detail dari paket anda silahkan klik pada nomor resi

Mengenal status pengiriman paket JNE di web

Manifest : Barang baru didaftarkan di kantor JNE asal pengiriman
On-Process : Barang sedang dalam proses pengiriman/perjalanan
On-Transit :  Barang sedang transit di kota tertentu
Received On Destination : Barang telah sampai di kota tujuan dan akan dikirim ke alamat tujuan
Delivered : Barang telah diterima di alamat yang dituju dan biasanya tertera nama penerima barang tersebut
Criss Cross : Barang tertukar
Cnee Unknown : Nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengantaran ke alamat tujuan
Redelivery : Antar ulang
AU to OPS : Antar ulang/serah terima dari bagian undelivery (bagian yang menangani kiriman yang bermasalah) ke bagian operasional untuk dilakukan pengantaran ulang ke alamat tujuan yang lebih lengkap dan jelas
AU (Antar Ulang) : Barang diantar ulang, karena tidak sempat terantar pada hari sebelumnya
BA (Bad Address) : Alamat tidak lengkap/jelas, kurang RT/RW, kelurahan, nomor rumah, gang, dsb.
MR (misroute) : Salah antar, salah kirim, salah jalur
NTH (Not At Home?) : Penerima tidak ada di rumah(sedang keluar)
Closed Once Delivery Attempt : Kurir telah datang tetapi rumah alamat penerima tutup/kosong

Jika anda mengalami kesulitan dalam pengecekan barang paketan yang anda kirimkan, Anda bisa mengubungi nomor telpon ini : 021-2927 8888 atau jika ingin menghubungi via email : Email: customercare@jne.co.id, dari pengalaman diatas satu hari berselang anak dari tetangga saya menelepon ke saya kalo paket yang dikirimkan sudah sampai, dan mengucapkan terimakasih, jadi saya tidak harus mengecek status pengiriman melalui web atau telpon karena kiriman sudah sampai ke tujuan tepat pada waktunya. Demikianlah cara mengirim paket via jne, saya berharap bisa bermanfaat untuk anda.. Terimakasih.


EmoticonEmoticon