Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier

Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier - Terdapat 3 macam kebutuhan yang berusaha dipenuhi oleh manusia di dunia ini diantaranya kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Apa saja contoh kebutuhan primer, sekunder, tersier yang selalu dipenuhi oleh manusia dari hasil jerih payahnya mencari nafkah demi ketiganya atau hanya salah satu kebutuhan. Masing masing memiliki keutamaan tersendiri yang berusaha berusaha dicapai oleh manusia.

Ketiga kebutuhan primer, sekunder, dan tersier terdapat satu kebutuhan yang mendesak dan harus dipenuhi oleh seseorang sehingga menuntut orang untuk memperjuangkannya. Begitu sebaliknya, ada kebutuhan yang dipenuhi hanya sebagai pelengkap atau pendukung saja. Hal ini berarti kebutuhan yang tidak wajib dipenuhi oleh seseorang namun sah sah saja jika anda memenuhinya.
 
Baca Juga:

Kesultanan Banjar dan Masuknya Islam di Kalimantan Selatan


  1. Kebutuhan Primer

Anda akan lebih memahami kebutuhan primer dengan melihat contohnya. Sedangkan contoh yang masuk dalam kebutuhan primer yakni sandang, pakan, dan papan. Ini adalah bahasa lokal yang artinya kebutuhan akan pakaian, makanan, dan tempat tinggal. Dengan demikian, kebutuhan dapat diartikan sebagai kebutuhan pokok dan utama yang harus dipenuhi oleh orang dan tidak memandang status.
Baik itu orang kaya maupun miskin semua akan berusaha memenuhi kebutuhan sandang, pakan, dan papannya. Hal ini karena ketiganya adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sebagai manusia yang hidup. Seiring berkembangnya jaman, kebutuhan akan pendidikan dan kesehatan juga telah masuk menjadi kebutuhan primer. Dimana, bagi kebanyakan orang memandang bahwa pendidikan dan kesehatan sangatlah utama.

  1. Kebutuhan Sekunder

Contoh dari kebutuhan sekunder adalah tempat tidur, televisi, sepeda motor, meja, kursi, almari, piring, gelas, peralatan masak, dan lain sebagainya. melihat dari contohnya kebutuhan sekunder ini adalah kebutuhan yang dipenuhi seseorang untuk melengkapi kebutuhan primer. Kebutuhan ini muncul setelah terpenuhinya kebutuhan primer. Meskipun menjdai kebutuhan nomor dua namun bukan berarti kebutuhan sekunder tidak penting. Justru kehidupan manusia akan terdukung dengan adanya kebutuhan sekunder.

  1. Kebutuhan Tersier

Contoh dari kebutuhan tersier yakni mobil mewah, apartemen pribadi, wisata ke luar negeri, pesawat pribadi, villa pribadi, pesawat pribadi, dan sebagainya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang sudah mengarah pada kemewahan.Itulah contoh kebutuhan primer, sekunder, tersier yang berusaha dipenuhi manusia dari berbagai status sosial.


EmoticonEmoticon