Begini Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Terbaru

Syarat untuk menjadi seorang karyawan atau pegawai di sebuah perusahaan untuk bekerja adalah dengan membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja ada yang ditulis tangan dan ada pula yang diketik menggunakan komputer. Namun, belakangan ini surat lamaran kerja mulai banyak diacuhkan terutama pada prosedur-prosedur yang benar sebagai isi surat lamaran kerja. Mengapa harus menggunakan surat lamaran kerja? Sebab, surat lamaran kerja atau surat pengantar pengajuan kerja merupakan sebuah surat yang melekat dari diri seseorang untuk melamar sebuah pekerjaan di perusaahaan, kantor atau instansi terkait untuk mengisi posisi atau jabatan tertentu. 



Dalam membuat surat lamaran kerja harus rapi dan menggunakan bahasa yang formal dan sopan. Berikut ini akan di bahas tentang contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatika dalam membuat surat lamaran kerja, antara lain:

Baca Juga:

Cara Membuat Surat Permohonan Izin Tempat Usaha | Kumpulan Contoh Surat


1. Surat lamaran kerja harus rapi.
2. Metode penulisan surat lamaran kerja menggunakan bahasa yang baku dan sopan.
3. Jangan menyingkat kalimat, buatlah kalimat yang jelas.
4. Beberapa perusahaan lebih menghargai surat lamaran kerja yang ditulis dengan tangan anda sendiri. Ini dapat mencerminkan jati diri anda.
5. Jika anda informasi tentang identitas pribadi anda, maka isilah dengan jelas dan lengkap.
6. Beberapa persyaratan yang harus anda lampirkan adalah daftar riwayat hidup atau CV, fotokopi KTP, sertifikat pendukung jika punya, dan dokumen-dokumen penting. 

Kemudian contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai dengan bagian-bagian penting yang harus anda tulis sebagai berikut: 

(tempat), (tanggal-bulan-tahun)
Hal: lamaran kerja
Kepada Yth.
HRD(  )
PT.
Jalan 
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari (   ) PT ( ) membutuhkan seorang ( ). Sehubungan denga hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri sebagai ( ) untuk bergabung di perusahaan Bapak. 
Ada pun data diri saya sebagai berikut:

Nama :
Tempat,tanggal lahir :
Alamat :
Pendidikan akhir :
Telepon :
Email :
Status perkawinan :

sebagai bahan pertimbangan saya juga melampirkan sebagai berikut:

1. Daftar riwayat hidup
2. Foto kopi ijazah akhir
3. Foto kopi KTP/SIM/Pasport
4. Foto kopi sertifikat pendukung
5. Pas foto terbaru

Demikian, besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan Bapak/Ibu. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. 
Hormat Saya

(        )


EmoticonEmoticon