Tips Membuat Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja

Seperti yang kita ketahui bahwa bekerja di sebuah perusahaan tentu saja memiliki tata cara dan prosedur tertentu yang harus dipatuhi. Hal ini juga berlaku saat anda meminta izin untuk tidak masuk kerja. Mungkin saja saat anda sakit ataupun saat adanya acara pribadi yang tidak dapat ditinggalkan. Nah untuk perusahaan besar biasanya meminta sebuah surat izin jika anda berniat untuk tidak masuk kerja atau pun cuti.

Namun terkadang masih banyak yang bingung bagaimana cara membuat surat permohonan tidak masuk kerja yang baik. Sebab segala yang berkaitan dengan absen kerja juga termasuk hal yang sensitif. Bahkan ada pula yang terkadang takut untuk mengutarakan permohonan izin tersebut. Akan tetapi jangan khawatir, sebab dibawah ini kami akan memberikan tips untuk membuat surat permohonan tidak masuk kerja yang baik dan benar.


Baca Juga:

Kumpulan Surat Lamaran Kerja Pilihan Lengkap

 

Hal-hal yang harus anda perhatikan saat membuat surat permohonan tidak masuk kerja adalah sebagai berikut.
  1. Yang pertama adalah hendaknya di dalam surat tersebut anda menyebutkan identitas dan jabatan anda secara jelas agar atasan atau pimpinan anda mengetahui siapa yang meminta izin tersebut. Hal ini bertujuan agar selama anda izin tidak masuk kerja, pekerjaan yang semula dilakukan anda sementara waktu dapat dialihkan pada pekerja yang lainnya. Hal ini juga agar pimpinan anda mengenali anda yang meminta izin.
  2. Anda sebaiknya menyebutkan secara jelas dan tepat apa alasan yang membuat anda meminta izin tidak masuk kerja. Perlu anda perhatikan juga adalah alasan yang disebutkan harus benar-benar sesuai dengan keadaan yang terjadi, logis dan tidak dibuat-buat. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jika anda berbohong dengan alasan tersebut. Karena jika ketahuan bisa saja anda diberi izin libur selamanya alias dipecat. Menakutkan bukan?.
  3. Selanjutnya masih terkait dengan alasan tidak msuk kerja. Jika alasan anda tidak masuk kerja karena sakit, maka sebaiknya sertakan pula surat keterangan sakit dari dokter atau dari tempat anda berobat atau dirawat. Hal ini berguna sebagai tanda bukti bahwa anda memang benar-benar sakit dan membutuhkan waktu untuk beristirahat. Surat keterangan dokter juga dapat meyakinkan atasan anda perihal sakit yang anda alami. Dan biasanya dalam surat keterangan dokter juga akan disertakan berapa lama anda harus beristirahat. Hal ini bisa menjadi acuan bagi anda untuk berapa lama meminta izin.
    Tips Membuat Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja
  4. Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah anda juga perlu untuk menyampaikan waktu yang pasti berapa lama anda meminta izin tersebut. Setelah waktu izin berakhir, anda harus siap untuk masuk untuk bekerja kembali. Seperti yang sudah dikatakan tadi, jika anda sakit dan menyertakan surat keterangan dokter, maka biasanya akan ada berapa lama anda akan diminta beristirahat. Sedangkan jika anda tidak masuk kerja karena alasan lainnya, maka sebaiknya perkirakan berapa lama anda akan mengambil cuti. Salah satu tujuannya agar pimpinan anda memiliki acuan berapa lama pekerjaan anda akan dilimpahkan pada karyawan yang lain.
  5. Dan yang terakhir adalah gunakan lah kata-kata yang sopan, baik, dan tidak bertele-tele. Akan lebih baik jika surat anda disampaikan dengan lugas dan tepat sasaran.
Itulah beberapa tips membuat surat permohonan tidak masuk kerja yang bisa kami sampaikan kepada anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon