Lengkap Contoh Kesimpulan dan Saran Pada Bab Penutup Makalah / Skripsi

Dalam pembuatan makalah, skripsi, karya tulis ilmiah, kliping atau tugas akhir biasanya dilengkapi dengan bab penutup / terakhir yang berisi kesimpulan dan saran. Adanya Bab ini akan memberikan hasil rumusan masalah dan himbauan dari penulis untuk melaksanakan hal yang belum sepenuhnya ditempuh.
Bila Anda memerlukan contoh kesimpulan dan saran untuk membantu pembuatan makalah, skripsi, karya tulis ilmiah, atau tugas akhir. Maka berikut ini saya rangkum dari berbagai sumber yang dapat dijadikan referensi untuk membuatnya.

Baca Juga:

Contoh Proposal Kegiatan Turnamen Futsal Antar Desa Yang Baik



Kumpulan Contoh Kesimpulan dan Saran

Contoh Kesimpulan dan Saran I

Kesimpulan
Kesimpulan yang diperoleh dari penulisan Sistem Informasi Asuransi adalah sebagai berikut :
a. Sistem informasi asuransi yang ada sekarang sudah cukup baik karena sudah terakses dalam internet.
b. Penyampaian informasi asuransi kepada masyarakat, sebaiknya bukan saja hanya melalui tim marketing, majalah atau internet tetapi dapat diperluas lagi melalui penyuluhan-peyuluhan dalam lingkup yang kecil, ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang tidak paham internet.
c. Dalam sistem informasi asuransi yang sudah online di internet hendaknya dapat ditambah gambar-gambar atau bahasa yang menarik masyarakat untuk mengetahuinya.
d. Dengan adanya sistem informasi asuransi berbasis komputer dapat memudahkan masyarakat untuk mencari tahu duniasuransi dengan mudah.
Saran
Dalam penulisan tugas rekayasa perangkat lunak ini akan lebih bermakna apabila ada sumbang dan saran untuk perkembangan sistem asuransi sehinggga informasi yang dicari dapat mudah dan cepat diperoleh.
a. Perlu adanya kerjasama dalam masing-masing departemen yang terkait sehingga terjalin hubungan baik yang hamonis diantara masing-masing komponen.
b. Setelah menganalisa sistem informasi asuransi yang saat ini dipakai,maka perlu adanya peninjauan terhadap sistem yang lama.
c. Dengan memperkenalkan sistem informasi asuransi melalui blog akan menambah kemudahan dalam penyampaian informasi kepada masyarakt.
d. Diperlukan pemeliharaan sistem informasi asuransi ini secaya kontiyu dan pengontrolan secara periodik sehingga sistem dapat terjaga dengan baik.

Contoh Kesimpulan dan Saran II

Kesimpulan :
A. Dari sisi korban faktor utama penyebab utama mereka untuk masuk sebagai imigran ke Indonesia disebabkan oleh faktor Man made disaster atau campur tangan manusia dalam hal ini lebih spesifiknya faktor perang, sosial, politik dan ekonomi sedang dari sisi pelaku penyelundupan imigran People smuggling faktor penyebab adanya penyelundupan imigran adalah faktor ekonomi, atau adanya imingiming berupa keuntungan secara materil atau uang. Selain itu untuk konteks Indonesia yang menjadi faktor khusus penyebab terjadinya tindak kejahatan penyelundupan imigran salah satunya adalah keadaan geografis Indonesia yang luas tetapi kekurangan satuan tugas pengamanan wilayah lndonesia.
B. Untuk Pencegahan Imigran bisa dilakukan dengan melalui upaya premptif, preventif dan represif. Upaya pre-emptif yaitu sosialisasi memperketat arus lalu lintas masuknya orang atau warga negara
asing di Indonesia. Preventif sebagai tindak lanjut dari upaya preemptif dengan menghilangkan kesempatan bagi para imigran untuk masuk ke Indonesia bisa dengan pemeriksaan paspor atau
dokumentasi secara ketat. Sedang upaya represif adalah bagaimana penegakan hukum (Law enforcement) terkait dengan pemberian hukuman terhadap pelaku penyelundupan supaya ada efek jera.
Saran
A. Pemerintah diharap mengalokasikan dana operasional terhadap upaya penanganan penyelundupan imigran khususnya kepada institusi penegak hukum seperti kepolisian.
B. Secara preventif pemerintah perlu sosialisasi memperketat arus lintas keluar masuknya warga negara asing di Indonesia.
C. Secara represif pemerintah perlu memperkuat regulasi dari segi aturan pemidanaan untuk pelaku penyelundup imigran (Smuggler) supaya memberikan efek jera kepada pelaku penyelundupan
imigran.
D. Memperkuat kerjasama bilateral dengan pemerintah Australia sebagai sebuah negara tujuan para Imigran terkhusus mengenai penanganan penyelundupan Imigran. 

Contoh Kesimpulan dan Saran III

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial dan nonfinansial terhadap kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar Sektor Bakaru. Bersadarkan analisis yang dilakukan, maka dapat dirumuskan kesimpulan sebagai berikut.1. Kompensasi finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung > t tabel (2,181 > 2,021) dan nilai signifikansi < taraf signifikansi (α) 0,05 (0,035 < 0,05).
2. Kompensasi nonfinansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai t hitung > t tabel (3,349 > 2,021) dan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi (α) 0,05 (0,002 < 0,05).
3. Kompensasi finansial dan nonfinansial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dapat dilihat nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (15,998 > 3,232) dan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi (α) 0,05 (0,002 < 0,05).
4. Bersadarkan uji Independent Samples T Test, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja antara karyawan tetap dan karyawan kontrak. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai t hitung < t tabel (0,163 < 2,020) dan nilai signifikansi lebih besar daripada taraf signifikansi (α) 0,05 (0,609 > 0,05).
Saran dari peneliti adalah sebagai berikut.
1. PT. PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar Sektor Bakaru sebaiknya meningkatkan kompensasi finansial dan nonfinansialnya sehingga kinerja karyawan juga dapat meningkat untuk mencapai sasaran perusahaan.
2. PT. PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar Sektor Bakaru sebaiknya lebih meningkatkan kualitas pelayanan, perlengkapan sarana dan prasarana penunjang perlu diperhatikan seperti perlengkapan keamanan (safety work) agar karyawan merasa aman dan nyaman dalam bekerja 

Contoh Kesimpulan dan Saran IV

Kesimpulan :
Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dikemukakan, akan disajikan beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut :
1. Hasil analisis tanggung jawab sosial perusahaan dengan volume perdagangan saham khususnya pada perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI. Dimana dari hasil pengujian regresi yang telah diuraikan ternyata antara tanggung jawab sosial perusahaan dengan volume perdagangan saham berpengaruh positif dan signifikan.
2. Sehubungan dengan hipotesis analisis uji parsial yang sebagaimana telah diuraikan ternyata setelah dilakukan uji parsial terbukti ada pengaruh secara signifikan antara tanggung jawab sosial perusahaan
dengan volume perdagangan saham.
Saran
Adapun saran-saran dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut :
1. Disarankan kepada perusahaan, agar dapat lebih meningkatkan pengungkapan atas tanggungjawab sosial yang diikuti oleh perusahaan, sehingga dengan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan maka akan dapat meningkatkan volume perdagangan saham dimasa yang akan datang.
2. Disarankan bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menambah variabel lainnya guna dapat lebih diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi volume perdagangan saham pada perusahaan.

Contoh Kesimpulan dan Saran V

Kesimpulan :
Dari hasil penelitian yang dilakukan pada bab sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan persamaan regresi yakni locus of control dan dilema etika auditor berpengaruh negatif terhadap pengambilan keputusan, artinya apabila variabel dependen menurun maka variabel independen juga menurun, begitu pula sebaliknya.

2. Berdasarkan locus of control, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap perilaku etis auditor dalam etika profesi. Hasil penelitian mengungkap bahwa auditor yang memiliki internal locus of control cenderung berperilaku lebih etis dalam pengambilan keputusan daripada auditor yang memiliki eksternal locus of control. Hasil pengujian mendukung hipotesis yang diajukan pada awal penelitian. Dari data Hasil Statistik Deskriptif variabel Locus of Control dapat disimpulkan bahwa rata-rata auditor memiliki locus of control internal. Hal ini terbukti bahwa rata-rata jawaban auditor berada diatas mean skor 2,86

3. Berdasarkan dilema etika dari uji yang telah dilakukan dalam penelitian ini, hasil penelitian yakni dilema etika berpengaruh negatif terhadap pengambilan keputusan etis. Nilai t hitung negatif, artinya pengaruh yang terjadi adalah negatif, atau dapat diartikan semakin rendah tingkat dilema etika auditor, maka semakin baik dalam pengambilan keputusan, dilema etika berpengaruh negatif terhadap pengambilan keputusan etis.

Saran :
Terlepas dari keterbatasan yang dimiliki, hasil penelitian ini diharapkan mempunyai implikasi yang luas untuk penelitian selanjutnya dengan topik serupa. Adapun saran dari hasil penelitian ini untuk penelitian selanjutnya yaitu:

1. Penelitian selanjutnya sebaiknya memperluas area survey, tidak hanya di wilayah Makassar, tetapi seluruh Indonesia, sehingga akan lebih mewakili populasi dalam KAP di seluruh Indonesia. Penelitian selanjutnya juga bisa memperluas obyek penelitian, tidak hanya masalah perilaku dan masalah etika, tetapi juga menyangkut faktor-faktor lain.

2. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya lebih memperluas sampel penelitian tidak hanya auditor saja, tetapi dimasukkan juga kelompok sampel lain seperti akuntan pendidik, akuntan manajemen, dan akuntan pemerintahan, sehingga penelitian tentang topik ini akan lebih akurat dan komprehensif.

3. Penelitian yang akan datang sebaiknya juga mempertimbangkan faktor-faktor dalam negeri yang kiranya sangat berbeda dengan dunia barat, untuk kemudian diterapkan atau dikombinasikan dengan instrument yang ada, sehingga akan didapatkan suatu instrument yang sesuai dengan situasi dan kondisi responden yang dampaknya akan diperoleh data atau hasil yang lebih akurat.


Baca Juga:

Contoh Proposal Kegiatan AKSIOMA Yang Baik


Contoh Kesimpulan dan Saran VI

Kesimpulan
Berdasarkan uraian diatas yang telah dipaparkan bahwa Perpustakaan baik itu Perpustakaan sekolah maupun PerpustakaanNasional telah melakukan fungsinya sebagai penyelenggara jasainformasi. Namun demikian agar layanan prima dapat terwujud secara arif dan bijaksana, maka perlu ada peningkatan sistem pelayanan yaituu selainmemberikan layanan dalam bentuk media offline juga memberikan layanandalam bentuk online.Ini sebagai bentuk kepedulian perpustakaan Nasional untuk ikutmencerdaskan kehidupan bangsa melalui penyelenggara jasa informasiyang tepat, cepat, akurat dan relatif dapat dijangkau oleh kebutuhanmasyarakat.Strategi pengguna internat di suatu perpustakaan sekolah sangatbergantung pada visi pustakawan sekolah tentang internet dalamkaitannya dengan peran pustakawan.
Selain itu diperlukan innovasi dankreatifitas pustakawan untuk mengimplementasikan penggunaan internetdalam lingkungannya yang berbeda. Keberhasilan pengguna internet diperpustakaan pada dasarnya tidak terlepas dari keberhasilanpengembangan perpustakaan secara keseluruhan. Oleh karena itu,pustakawan harus memiliki visi yang jelas sebagai arah yang dituju dalampengembangan perpustakaan dan berusaha untuk mencapainya.Prosentase anggaran perpustakaan dari anggaran suatu lembaga (19 sekolah ) merupakan kata kunci yang menentukan keberhasilan misiperpustakaan.
Saran
Agar pertumbuhan dan perkembangan perpustakaan berjalandengan normal, maka sebagai pustakawan, harus memotivasi danmerangsang pengguna perpustakaan ( masyarakat/siswa ) dalampertumbuhan dan perkembangan untuk mencintai buku supayakeingintahuan tentang dunia dan memberantas kebodohan. Supaya generasi yang akan datang lebih optimal dalam berbagai bidang sehinggadalam era globalisasi ini bangsa kita tidak tertinggal perkembangannyadalam berbagai bidang.
sumber : unhas.ac.id
Kesimpulan dan Saran adalah bagian penutup pada sebuah skripsi, makalah, karya tulis ilmiah dan lain-lain yang sangat penting karena itu ada beberapa hal yang harus diingat dalam membuat kesimpulan dan saran, antara lain :1. Kesimpulan merupakan jawaban dari rumusan masalah untuk memenuhi harapan dan tujuan penelitian.
2. Kesimpulan dibuat berdasarkan pembuktian yang diperoleh dari hasil penelitian karena itu jangan membuat kesimpulan yang kebenarannya tdak dapat dibuktikan dalam penelitian.
3. Saran yang diberikan tidak boleh melenceng dari ruang lingkup penelitian.
4. Saran adalah hal (permasalahan) yang belum sempat dilaksanakan oleh peneliti. Saran diperlukan karena peneliti melihat adanya jalan keluar untuk memperbaiki permasalahan yang ada.
Demikian contoh kesimpulan dan saran pada bagian penutup makalah atau skripsi, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda.


EmoticonEmoticon