Lengkap Contoh Kata Penutup yang Baik dan Benar

Contoh Kata Penutup yang Baik ~ Sebuah kata penutup sering kali digunakan sebagai pelengkap berbagai macam karya, baik itu untuk sebuah karya tulis ilmiah, makalah, kliping, proposal, presentasi, pidato, buku, laporan hingga sebagai akhir dari sebuah acara.
Kata penutup sebaiknya menggunakan tata bahasa yang baik dan benar dengan rangkaian kalimat yang tidak terlalu panjang lebar tetapi mudah dimengerti sehingga maksud dan tujuan dapat tersampaikan dan berakhir dengan tepat.
Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang contoh kata pengantar makalah maka kali ini Saya akan mengawalinya dengan sebuah contoh kata penutup makalah dengan harapan dapat bermanfaat untuk Anda, silahkan disimak :

Baca Juga:

Contoh Proposal Kegiatan Turnamen Bulutangkis Antar Desa Yang Baik


1. Contoh Kata Penutup Makalah

Bab III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Indonesia sebagaimana yang telah disebutkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 36 bahwa "bahasa Negara adalah Bahasa Indonesia". Dimana sejarah Bahasa Indonesia telah tumbuh dan berkembang sejak abad ke VII dari Bahasa Melayu.

Bahasa Indonesia berkembang sebagai jati diri bangsa bermula dari Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 yang akhirnya secara yuridis pada tanggal 18 Agustus 1945 secara resmi ditetapkan melalui UUD 1945 pasal 36.B. Saran

Demikianlah pokok bahasan makalah ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami makalah ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak. Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar makalah ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

2. Contoh Kata Penutup Laporan


Bab V
PENUTUP

a. Kesimpulan
Tangkuban Parahu yang sejuk dan indah merupakan salah satu harta alam yang dimiliki Indonesia. Salah satu obyek wisata alam yang terletak tidak jauh dari kota Bandung wilayah propinsi Jawa Barat dengan harga tiket yang ditawarkan relatif terjangkau menjadikannya sebagai salah satu obyek wisata kegemaran yang patut diperhitungkan.
b. Saran
Dari hasil perjalanan mengunjungi obyek wisata Tangkuban Parahu kami menemui beberapa kekurangan, Oleh karena itu penulis menyarankan beberapa hal sebagai bahan masukan, Antara lain perbaikan Mushollah atas yang sering kehabisan air untuk wudhu.
Tambahkan pagar pengaman yang lebih banyak lagi untuk menambah tingkat keamanan dan kenyaman pengunjung. Selain itu tambahkan pula pengeras suara ke area yang jangkauannya lebih luas lagi.

3. Contoh Kata Penutup Kliping


Sebenarnya kata penutup kliping tidaklah jauh berbeda dengan kalimat-kalimat yang digunakan pada kata penutup makalah, Hanya terdapat perbedaan kata-kata yang digunakan saja. Sebagai contoh, Anda melihat contoh kata penutup kliping di bawah ini :
Demikianlah "Kliping tentang pencemaran lingkungan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan".  Tak lupa kami mengucapkan terima kasih karena kesediaannya untuk membaca kliping yang kami buat untuk memenuhi tugas pelajaran IPS. Tentunya masih banyak kekurangan karena berbagai keterbatasan kami baik itu berupa pengetahuan maupun bahan referensi, Oleh karena itu masukan berupa saran dan kritik sangat kami harapkan. 

4. Contoh Kata Penutup Proposal


Kata penutup pada sebuah proposal juga tidak jauh berbeda dengan yang lain, Utamanya berisi harapan-harapan untuk kedepannya beserta kegiatan yang akan dilakukannya akan bermanfaat untuk orang lain dan dapat berhasil. Diakhiri pula dengan ucapan terimakasih kepada pembaca atau kepada yang ditujukan.
Harapan kami proposal ini akan dapat berjalan sesuai dengan rencana dan budget yang tertulis, dengan disetujuinya proposal kegiatan ini akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan olahraga di sekolah ini.Atas perhatian Kepala Sekolah SMUN XXX maka kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan mohon doa restu agar dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

5. Contoh Kata Penutup Presentasi


Demikianlah presentasi kali ini tentang Peningkatan mutu pendidikan menghadapi era globalisasi, Semoga penjelasan-penjelasan yang diberikan dapat dipahami dengan baik, Bila ada pertanyaan-pertanyaan yang ingin diajukan kami persilahkan. Wassalamu'alaikum warahmatulahi wabarakatuh.

6. Contoh Kata Penutup Pidato


Sebuah kata penutup pidato tidaklah harus panjang lebar, Biasanya berupa kesimpulan pendek, himbauan-himbauan, harapan-harapan atau ucapan terimakasih yang diakhiri dengan salam.
Sebagai contoh :
Dengan demikian dapat kita ambil kesimpulan bahwa tidak ada pelajaran yang sulit asalkan ada kemauan dan tekad yang kuat dari seorang murid. Dan Saya sangat mengharapkan murid-murid di sini dapat berjuang demi tercapainya cita-cita luhur membangun bangsa dan negeri tercinta. Kurang dan lebihnya Saya mohon maaf, Akhirul kalam, Wallahul muwafik, ilaa aqwamith thariq, Wasslamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

 
 
Demikian beberapa contoh kata penutup yang baik , Kalimat-kalimat yang digunakan sebagai contoh kata penutup tidaklah harus persis sama seperti yang tertulis di atas, Anda dapat berkreasi mengembangkan kata-katanya sedemikian rupa sesuai dengan materi yang sedang dibahas. Semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses


EmoticonEmoticon