Tutorial Ms Access Cara Menambahkan Combo Box di Form Access | Belajar Microsoft Office

Tutorial ms access untuk kali ini cara menambahkan combo box di form yang sudah kita buat dalam ms access, lalu mengapa harus ada combo box dalam form ? ada berbagai macam alasan untuk menambahkan combo box dalam form yang salah satunya agar kita tidak perlu mengetik ulang field data yang akan kita cari, dan juga meminimalisir kesalahan dalam memanggil data yang sudah pernah kita buat di access. bagi yang belum tahu cara membuat form bisa membaca terlebih dahulu Tutorial microsoft access cara membuat form dan button di access.

Gambaran sederhananya gini, misal dalam tabel guru yang sudah pernah kita buat ingin di tampilkan di masing-masing field, otomatis kita harus manggil field kunci yang menjadi primary key yang ada dalam tabel guru tersebut, dimana dalam contoh ini adalah field kode guru. ketika saya ingin mencari data guru dengan kode misal "G130091" maka saya tidak perlu mengetik kode tersebut, melainkan tinggal  memilih kode tersebut dari combo box, maka data yang berkaitan dengan kode guru "G130091" akan tampil. Oke dari sini saya kira sudah paham maksudnya.

Baca Juga:

Cara Membuat Background Music dan Mengulang Secara Otomatis di PowerPoint



Tutorial Ms Access Cara Menambahkan Combo Box di Form Access
1. Silahkan buka form yang sudah pernah rekan buat, kemudian klik menu View >> Design View agar form yang pernah dibuat bisa di edit.
2. Pada bagian Form Design Tool pilih menu Design >> Combo Box, seperti ini

3. Letakkan combo box sesuai keinginan, maka akan muncul tampilan combo box wizard pilih opsi yang ketiga yakni Find a record on my form ... lalu klik Next

4. Pilih salah satu Field yang ingin dijadikan acuan dalam combo box dengan menekan tombol ">", dalam contoh kali ini saya ingin menambahkan kd_guru lalu klik Next

5. Setelah itu klik tombol Finish untuk mengakhiri.
Jika berhasil ketika dijalankan maka tampilannya kurang lebih seperti ini

Baca Juga:

Cara Mengatur Format Mata Uang Rupiah (Rp) dalam Excel | Belajar Microsoft Office



Dan untuk menjalankan apakah fungsi combo box sudah berjalan dengan normal atau tidak, rekan bisa mengetesnya melalui View >> Form View.


EmoticonEmoticon