Sejarah Kerajaan Kutai Singkat Lengkap Kejayaan dan Runtuhnya

Kerajaan Kutai merupakan kerjaan Hindu tertua di Indonesia yang berdiri sekitar abad ke-5 M. Kerajaan yang namanya berasal dari tempat ditemukannya prasasti tersebut terletak di hulu sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Tidak ada prasasti yang menjelaskan nama kerajaan sehingga para ahli memberi nama sesuai dengan ditemukannya prasasti yang menggambarkan kerajaan tersebut.
Keterangan terkait keberadaan Kerajaan Kutai terdapat pada prasasti berbentuk Yupa, yakni tiang batu berjumlah 7 yang ditulis menggunakan huruf  Pallawa dan bahasa Sanskerta. Isi prasasti menerangkan bahwa Raja pertama dari Kerajaan Kutai bernama Kudungga yang memiliki putra bernama Aswawarman sebagai penggantinya. Kemudian Aswawarman digantikan lagi oleh anaknya bernama Mulawarman.

Nama Kudungga merupakan nama asli pribumi yang belum mendapat pengaruh Hindu, namun keturunan setelahnya diduga sudah terpengaruh kebudayaan Hindu dengan adanya nama “warman”. Dimana kata tersebut berasal dari bahasa Sanskerta.


Kejayaan Kerajaan Kutai

Sesuai dengan isi prasasti Yupa, Kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Mulawarman. Dimana wilayah kekuasaanya hampir seluruh wilayah Kalimantan Timur. Selain itu, raja ketiga dari Kerajaan Kutai ini berhasil mensejahterakan kehidupan rakyatnya.

Runtuhnya Kerajaan Kutai

Runtuhnya Kerajaan Kutai akibat meninggalnya raja Kutai ke-21, Maharaja Dharma Setia dalam peperangan melawan Raja Aji Pangeran Sinum Panji dari Kerajaan Kutai Kartanegara. Pada akhirnya Kerajaan Kutai Kartanegara menjadi Kerajaan Islam yang bernama Kesultanan Kutai Kartanegara.
Demikian penjelasan tentang Sejarah Kerajaan Kutai yang


EmoticonEmoticon