Pengertian Dan Ciri Sistem Ekonomi Pancasila

Sistem ekonomi pancasila disebut sebut sebagai demokrasi ekonomi yang diwujudkan dalam bentuk ekonomi kerakyatan dan keadilan. Sistem ekonomi pancasila merupakan sistem ekonomi yang menjunjung tinggi nilai nilai pancasila yang terdiri dari 5 asas yakni etika, kemanusiaan, nasionalisme, demokrasi atau kerakyatan, dan keadilan sosial. Bicara soal sistem ekonomi pancasila, setidaknya ada empat garis besar mencirikan sistem ekonomi pancasila yang harus anda ketahui.

Ciri ciri Sistem Ekonomi Pancasila

  1. Dalam sistem perekonomian pancasila perlu adanya peranan negara dan swasta yang dapat hidup berdampingan secara seimbang demi berjalannya perekonomian negara. Peran pemerintah dalam sistem perekonomian pancasila memang penting, namun tidak terlalu dominan supaya tidak terjadi sistem ekonomi komando yang dikendalikan oleh pemerintah. Disini juga dibutuhkan peran swasta dalam sistem perekonomian negara namun tidak dominan pula. Hal ini untuk menghindari tumbuhnya sistem ekonomi liberal. Idealnya, keduanya diperlukan untuk tumbuh berdampingan, bukan mendominasi.
  2. Sistem ekonomi pancasila dibentuk berdasarkan asas kekeluargaan sehingga tidak ada dominasi modal dan buruh. Dalam hal ini, dominasi antara pemiliki modal yang mengeksploitasi kaum buruh. Melainkan sistem ekonomi pancasila yang berdasarkan keakraban hubungan antar manusia.
  3. Pada sistem perekonomian pancasila, masyarakatlah yang memegang peranan penting tanpa campur tangan pemerintah secara penuh, dalam artian dibawah pengawasan anggota masyarakat. Namun, kekayaan alam yang terkandung dalam bumi termasuk air, dan lainnya tetap dikuasai oleh pemerintah.
  4. Berkembangnya koperasi yang mengarahkan perekonomian ke arah sistem ekonomi pancasila yang mendasarkan pada lima sila.

Baca Juga:

Pengertian Teknologi Serta Definisi Teknologi Lengkap



Ketika ingin menerapkan sistem ekonomi pancasila atau demokrasi ekonomi, maka harus menghindari hal-hal seperti:
  • Sistem ekonomi liberal, dimana sistem ekonomi ini bebas dilakukan sehingga menumbuhkan eksploitasi besar besaran. Siapa yang memiliki modal, dialah yang memegang sistem perekonomian.
  • Sistem ekonomi komando, dimana negara berkuasa untuk mengendalikan sistem perekonomian sehingga mematikan ekonomi swasta.
  • Persaingan tidak sehat yang menimbulkan monopoli.
Begitulah sistem ekonomi pancasila beserta cirinya yang dapat dit


EmoticonEmoticon