Pegertian Pendapatan Perkapita Lengkap Rumus Dan Contohnya

Mungkin anda pernah mendengar dan tidak asing lagi dengan pengertian pendapatan perkapita ketika masih duduk di bangku sekolah atau saat kuliah pada materi ekonomi. Namun, jika anda lupa atau bagi yang belum pernah mendengar sama sekali akan dijelaskan pengertian dan rumus pendapatan perkapita secara lengkap.
Pendapatan perkapita merupakan besarnya pendapatan rata rata penduduk di suatu negara pada periode tertentu, biasanya selama satu tahun. Mungkin anda bertanya mengapa suatu negara harus dihitung rata rata pendapatan penduduknya. Pendapatan perkapita ini wajib dipunyai oleh suatu negara karena menjadi tolak ukur kesejahteraan penduduknya.

Baca Juga;

Pendidikan Islam Masa Umayyah dan Berdirinya Dinasti Umayyah


Jika anda sudah mengetahui pengertian pendapatan perkapita, maka hal selanjutnya yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara menghitung pendapatan perkapita tersebut. Terdapat rumus khusus untuk menghitung pendapatan rata rata penduduk di suatu negara pada periode ternentu. Rumusnya yakni:
Pendapatan perkapita = jumlah pendapatan nasional : jumlah penduduk
Perhatikan contoh berikut.
Misalkan pendapatan nasional negara A adalah 200 milyar
kemudian pendapatan nasional negara B juga 200 milyar.
Namun, negara A mempunyai jumlah penduduk 5 juta penduduk sedangkan negara B memiliki penduduk 7 juta jiwa.
Dengan demikian, jika anda ingin membandingkan maisng masing pendapatan negara maka tinggal membagikan pendapatan nasional dengan jumlah penduduknya. Contoh diatas sangat jelas bahwa tingkat kesejahteraan negara A berbeda dengan B meskipun memiliki pendapatan yang sama. Hal ini karena negara A dan B memiliki jumlah penduduk yang berbeda, inilah yang akan membedakan.
Adapun kegunaan dari penghitungan pendapatan perkapita yaitu:
  • Sebagai perbandingan kesejahteraan penduduk suatu negara dari tahun ke tahun
  • Sebagai perbandingan kesejahteraan suatu negara dengan negara lain. Dengan demikian dapat dilihat tingkat kesejahteraan pada tiap tiap negara
  • Sebagai perbandingan tingkat standar hidup masing masing negara dari tahun ke tahun
  • Sebagai data pengambilan kebijakan bidang ekonomi. Adanya hasil pendapatn perkapita akan menjadi pertimbangan bagi para pengambil kebijakan di bidang ekonomi.
Itulah pengertian pendapatan perkapita yang lengkap dengan rumus dan contohnya yang bisa anda jadikan referensi.


EmoticonEmoticon