Lengkap Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier & Contohnya

Kebutuhan manusia di dunia ini dapat dikelompokkan menjadi 3 macam, yakni kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Lalu apa pengertian kebutuhan primer, sekunder, tersier itu sehingga semua orang berusahan untuk memenuhinya dengan cara mencari nafkah. Namanya saja kebutuhan, tentu anda akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapainya. Jika anda merasa tidak butuh maka sudah pasti anda tidak akan memperjuangkan untuk mendapatkannya.
Namun, tidak ada orang hidup di dunia ini tanpa memenuhi kebutuhan tersebut meskipun hanya salah satu dari ketiganya. Ketiga kebutuhan tersebut sifatnya mendasar dan semakin kompleks. Hal ini menandakan bahwa manusia tidak akan puas dengan semua kebutuhan yang sudah tercapai. Begitu satu kebutuhan terpenuhi, maka akan memenuhi kebutuhan lain yang semakin kompleks.

Kebutuhan ketiganya merupakan kebutuhan yang digolongkan berdasarkan intensitas kegunaannya. Adapun pengertian kebutuhan primer, sekunder, tersier akan dijelaskan sebagai berikut:

Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer yakni kebutuhan yang pokok, dasar, atau utama yang harus dipenuhi seseorang. Artinya, kebutuhan inilah yang pertama harus dipenuhi seseorang. Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan yang lainnya ketika kebutuhan utama ini belum terpenuhi. Contoh kebutuhan primer meliputi sandang, pakan, dan papan. Artinya, kebutuhan pokok manusia adalah baju, makanan, dan tempat tinggal. Inilah kebutuhan utama yang berusaha dipenuhi oleh orang kaya maupun miskin.

Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan ini adalah kebutuhan nomor dua yang dipenuhi setelah kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder bersifat melengkapi kebutuhan primer. Bukan berarti kebutuhan sekuder tidak penting, justru kebutuhan inilah yang mendukung supaya kehidupan manusia berjalan dengan baik.
Contohnya, motor, televisi, tempat tidur, meja, kursi, dan lain-lain.


Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang mewah, seperti mobil, apartemen, wisata luar negeri, pesawat pribadi, dan sebagainya.
Itulah pengertian kebutuhan primer, sekunder, tersier yang berusaha dipenuhi manusia termasuk jug


EmoticonEmoticon