Lengkap Definisi Sistem Ekonomi Kerakyatan di Indonesia

Sistem ekonomi kerakyatan pada dasarnya adalah sebuah sistem ekonomi yang dikembangkan berdasarkan kenyataan bahwa telah terjadi kegagalan dalam kegiatan perekonomian pada negara yang sedang berkembang seperti Indonesia akibat penerapan teori pertumbuhan. Sehingga, keberadaan ekonomi kerakyatan merupakan sebuah solusi alternatif untuk mengatasi kegagalan tersebut.
Jika menengok ke belakang, sebenarnya teori pertumbuhan bukanlah teori yang salah, sebab di negara negara maju seperti negara negara Eropa teori tersebut telah membawa kesuksesan yang pesat di bidang ekonomi. Hanya saja, bagi negara yang tengah berkembang seperti Indonesia ini teori tersebut tidak cocok untuk diterapkan. Indonesia masih perlu berbenah terhadap berbagai sistem ekonomi yang dianutnya.

Penggunaan sistem ekonomi kerakyatan diharapkan dapat mengembalikan perumbuhan ekonomi pada negara negara berkembang sehingga dapat kembali stabil atau bahkan menjadi lebih baik lagi. Ekonomi kerakyatan sendiri merupakan sistem ekonomi yang dijalankan dengan menggunakan basis atau dasar kekuatan ekonomi rakyat. Sehingga dalam sistem ekonomi ini rakyat memiliki peranan yang sangat penting.

Kekuatan Ekonomi Rakyat Sebagai Dasar Sistem Ekonomi Kerakyatan

Kekuatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi atau usaha yang dilakukan oleh rakyat pada umumnya. Kegiatan tersebut dilakukan secara swasembada oleh rakyat dengan mengelola berbagai macam sumber daya ekonomi yang dapat dikuasai. Hal ini selanjutnya disebut sebagai Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Biasanya usaha ini meliputi sektor peternakan, makanan, pertanian, kerajinan, dan sebagainya.
Kegiatan perekonomian rakyat dilakukan untuk memenuhi segala macam kebutuhan dasarnya dan kebutuhan keluarga tanpa harus mengorbankan kepentingan rakyat yang lain. Dengan demikian, adanya kegiatan perekonomian yang berbasis pada rakyat ini diharapkan mampu untuk mengembalikan stabilitas ekonomi walaupun secara perlahan. Kegiatan perekonomian rakyat tidak bisa seketika menjadikan kondisi perekonomian suatu negara tiba tiba menjadi naik. Namun, setidaknya hal ini adalah cara yang cukup efektif dibandingkan dengan cara cara lain bagi negera yang berkembang seperti Indonesia.

Baca Juga:

Kesultanan Ternate dan Masuknya Islam di Kesultanan Ternate


Dalam pengertian lain, pengertian sistem ekonomi kerakyatan didefinisikan sebagai sistem ekonomi nasional yang berasas pada kekeluargaan, kedaulatan rakyat, bermoral pancasila, dan memihak pada rakyat. Walaupun sedikit berbeda dengan pengertian yang telah disebutkan di atas, namun pengertian ini memiliki inti yang sama dengan makna kegiatan perekonomian rakyat. Namun, dalam kenyataannya, negara Indonesia ini tidak benar benar menjalankan sistem perekonomian rakyat secara menyeluruh atau optimal.


EmoticonEmoticon