Contoh Naskah Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Contoh Naskah Pidato Singkat Tentang Pendidikan ~ Yang namanya pidato sering kali menjadi momok yang amat menakutkan bagi kebanyakan siswa. Banyak siswa yang merasa bingung dan tertekan karena harus maju membawakan sebuah pidato singkat.
Sebenarnya hal ini wajar terjadi dikarenakan keberanian dan kesiapan seorang siswa dalam membawakan sebuah pidato masih sangat minim dan belum terlatih.
Hal lainnya adalah ketidaksiapan dalam hal materi, Misalnya siswa diharuskan membawakan pidato singkat tentang pendidikan tetapi bingung untuk mendapatkan temanya. Tema pendidikan sebenarnya tidaklah sulit ditemui, Siswa bisa mengambil tema tentang pendidikan di negeri ini maupun di sekitar kita.

Penggunaan dan susunan kalimat juga diharuskan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, Oleh karena itulah saya memberikan contoh pidato singkat tentang pendidikan sebagai bahan referensi bagi Anda yang membutuhkan. Silahkan disimak yaa :

Baca Juga:

Contoh Kata Pengantar Yang Baik


Contoh Naskah Pidato Singkat

Asslammua'laikum Wr. Wb.,Salam sejahtera semoga kebahagian selalu tercurah bagi kita semua,
Alhamdulilah,  Berkat kemurahan Allah SWT kita masih diberikan kesempatan untuk dapat bertemu dan bermunajat di tempat yang mulia ini. Terimakasih juga kepada hadirin yang telah bersedia melangkahkan kaki ke tempat ini, Semoga apa yang menjadi niat baik hadirin mendapatkan rahmat dari Allah SWT.. amin.
Hadirin yang berbahagia,
Berbicara sumber daya manusia tentu tidaklah terlepas dari yang namanya pendidikan. Karena tanpa adanya proses pendidikan tidaklah akan ada sumber daya manusia. Sebuah proses pendidikan tentu harus ditempuh dan memakan waktu yang tidak sebentar.
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang tidak mengenal batas usia, Tetapi harus dimulai dari usia dini hingga usia senja demi tercapainya manusia yang bersumber daya tinggi. Pendidikan memang perlu biaya tetapi tidak harus mahal. Karena itu kita perlu berkorban dan berjuang keras demi tercapainya cita-cita luhur tersebut.
Sebuah pendidikan memerlukan sikap keterbukaan dari diri manusia itu sendiri, Terbuka menerima ide-ide, terbuka menerima budaya, terbuka menerima teknologi dan lain-lain. Tetapi keterbukaan itu tentu harus disaring dengan baik tanpa merusak tatanan moral yang telah berlaku. Sehingga kelak pendidikan yang diterima tidak merusak moral generasi penerus bangsa ini dan menghasilkan manusia yang cerdas, bersumber daya dan bermartabat.
Tentunya semua itu perlu disusun dengan terencana, Tahap demi tahap agar dapat bergerak dengan pasti menuju ke arah yang lebih baik. Jalan yang ditempuhpun masih sangat panjang, Karena itu peran pemerintah maupun masyarakat luas sangat diharapkan dapat berperan aktif bahu membahu menyongsong harapan yang mulia.
Kedepannya, Pendidikan diharapkan akan melahirkan suatu sumber daya manusia yang berkepribadian dengan menumbuhkan jiwa saling mengisi dan bersaing secara sehat yang akhirnya dapat memajukan prestasi bangsa di kanca Internasional.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

1. Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan


Ketika kita masih berada di bangku sekolah, pidato merupakan salah satu keahlian yang harus dikuasi. Berikut adalah contoh pidato singkat tentang pendidikan yang mudah dihafalkan:
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang Saya hormati Kepala Sekolah MtsN Ngantru.
Yang saya hormati Wakil Kepala Sekolah MtsN Ngantru.
Yang saya hormati guru-guru MtsN Ngantru.

Beserta seluruh murid MtsN Ngantru yang berbahagia.
Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada siang ini dalam keadaan yang sehat.
Mungkin sudah banyak diantara hadirin yang paham mengenai pengertian globalisasi, atau mungkin masih ada yang belum memahaminya?
Kali ini saya ingin sedikit mengajak hadirin semua untuk mengingat kembali beberapa pola hidup yang mengakibatkan globalisasi. Apa pengaruhnya bagi kita semua dan bagaimana kita menghadapi pengaruhnya.
Globalisasi berasal dari kata global yang memiliki arti menyeluruh. Globalisasi berarti proses penyebaran unsur-unsur baru yang mencangkup informasi dari seluruh dunia melalui media cetak atau elektronik.
Globalisasi mempunyai pengaruh yang hampir meliputi semua aspek lini kehidupan.
Misalnya, dalam bidang transportasi. Ada begitu banyak kendaraan yang dapat kita jumpai di jalan raya setiap harinya. Transportasi ini membuat orang lebih mudah untuk melakukan aktivitas ataupun pekerjaannya.
Hal ini tentu berbanding terbalik dengan zaman dahulu yang untuk ke suatu tempat yang diinginkan, seseorang harus rela menempuh perjalanan dengan jalan kaki.
Selain transportasi, sistem telekomunikasi juga mempunyai dampak global dalam aspek kehidupan. Sebagai contohnya adalah handphone. Zaman canggih seperti sekarang ini, handphone nampaknya sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan kehidupan kita.
Internet adalah salah satu contoh lain dari pengaruh globalisasi tersebut. Baik yang sudah tua maupun yang muda semua berlomba untuk dapat menggunakannya. Bahkan, tidak sedikit dari generasi muda yang bisa menemukan penemuan terbaru hanya melalui internet.
Dampak globalisasi juga mempengaruhi dunia kuliner di indonesia. Perlahan namun pasti masyarakat kita sudah dapat menerima makanan-makanan yang berasal dari luar negeri. Misalnya pizza, hamburger, kebab, spaghetti, ramen dan lainnya.
Aspek berikutnya adalah fashion. Tampak jelas sekali berbagai jenis pakaian yang booming di luar negeri segera di ikuti masyarakat kita.
Bidang lain yang tidak kalah heboh adalah olahraga. Kita sekarang sudah bisa menyaksikan melalui channel televisi yang menyiarkan secara langsung pertandingan olahraga dimanapun berada.
Begitu banyak aspek yang mampu dipengaruhi globalisasi. Hal ini jelas sebagai bukti bahwa setiap masyarakat mampu merasakan pengaruhnya.
Beberapa aspek yang telah dijelaskan di atas, menandakan bahwasanya pengaruh global sudah hampir merasuk dalam seluruh lini aspek kehidupan.
Semua orang tentunya merasakan pengaruh yang terjadi akibat globalisasi. Untuk itu, sebagai masyarakat kita harus bisa memilah dan memilih globalisasi ini dengan hanya mengambil manfaat baiknya saja dan menghiraukan unsur negatifnya, sehingga budaya dari manapun yang akan masuk ke Indonesia dapat terfilter dengan baik.
Apabila hal ini dapat dilakukan oleh semua masyarakat, maka ciri khas kearifan budaya Nusantara ini akan dapat dijaga dan dipertahankan dengan baik.
Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Harapan kita bersama, semoga pengaruh globalisasi ini tidak akan merusak keutuhan kita berbangsa dan bernegara. Terima kasih.
Wassalamualaikum Wr Wb.

2. Contoh Pidato Singkat tentang Pendidikan Berkarakter


Karater merupakan suatu sikap yang bisa dikatakan identitas suatu negara. Di banyak pidato yang disampaikan oleh para tokoh, pendidikan karakter selalu ditekankan karena sangat pentingnya. Berikut adalah contoh pidato singkat tentang pendidikan karakter:
Assalamualaikum Wr.Wb.
Marilah kita panjatkan puji dan rasa syukur kehadirat Allah SWT, berkat karunia dan nikmat yang telah diberikan kepada kita semua, kita dapat berkumpul di pagi ini dalam keadaan yang sehat walafiat.

Tak lupa shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah memperjuangkan nilai dan agama yang luhur ini hingga sampai kepada kita semua.
Terima kasih saya ucapkan atas waktu dan tempat yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat tentang pendidikan karakter yang harapannya kelak para generasi muda yang mempunyai visi besar dalam membangun bangsa ini.
Saya juga berharap semoga apa yang akan saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi saya sendiri dan kepada semua yang dapat hadir di tempat ini.
Hadirin yang saya hormati,
Saat ini Bangsa kita tengah menghadapi persoalan yang sangat serius, yaitu menurunnya moral di kalangan remaja. Banyak remaja yang sudah terpengaruh oleh sikap hidup hedonis dan kehidupan yang mengabaikan nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
Hal ini bisa dilihat dari data yang telah disampaikan oleh beberapa lembaga. Misalanya, Salah satu lembaga independen memaparkan fakta yang mencengangkan, bahwa 65% remaja saat ini sudah pernah melakukan hubungan seksual seperti ciuman, seks bebas dan bahkan berhubungan dengan sesama jenis.

Tidak hanya itu, data yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) tidak kalah mengherankan. Mereka mengeluarkan data bahwa pengguna narkoba dari golongan remaja mencapai 79% pada tahun 2015.
Angka ini mengalami kenaikan sekitar 20% dari tahun lalu. Bahkan mereka juga menyatakan bahwa setiap 7 menit terdapat korban yang meninggal dunia akibat penggunaan narkoba.
Hadirin yang saya hormati,
Data-data tersebut sudah cukup membuktikan apa yang sedang terjadi saat ini. Lantas, dimanakah peran pendidikan sekolah, guru dan orangtua?
Mengapa para remaja saat ini terjerumus ke dalam kehidupan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat kita?
Setelah diteliti ternyata pemuda atau remaja saat ini telah kehilangan karakternya sebagai ksatria. Hal ini disebabkan lemahnya pendidikan karakter yang mereka dapatkan baik di sekolah maupun di rumah.

Lebih dari itu, sekolah saat ini hanya mengutamakan pendidikan yang mengejar hasil berupa nilai daripada mendidik anak agar mempunyai karakter yang baik dan mulia.
Hal ini bisa dilihat dari berkurangnya jam Pendidikan Moral dan Pancasila (PPKN) di sekolah. Oleh sebab itu, yang kita butuhkan saat ini adalah contoh pendidikan karakter agar dapat mengatasi permasalahan yang terjadi.
Demikanlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan dan mohon maaf apabila ada perkataan yang tidak berkenan di hati. Akhir kata.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

3. Contoh Pidato tentang Pendidikan Moral


Bisa dikatakan pendidikan moral adalah pilar bagi bangsa ini. Semakin baik moral masyarakat maka bangsa ini menjadi semakin kokoh dan kuat. Berikut adalah condoh pidato singkat tentang pendidikan moral:
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala puji bagi Allah Swt Tuhan semesta alam yang telah memberikan segenap limpahan rahmat serta nikmat kepada kita semua sehingga kita masih bisa menikmati udara segar serta dapat berkumpul dalam suasana kekeluargaan yang berharga pada hari ini.
Kedua kalinya, marilah kita senantiasa mengenang dan mencintai baginda Nabi besar Muhammad Saw yang telah memberikan tuntunan serta bimbingan kepada kita semua sehingga kita berada pada jalan yang diridhoi oleh Allah Swt.
Bapak/Ibu dan para hadirin yang berbahagia
Pada kesempatan ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat tentang pentingnya pendidikan moral dalam kehidupan kita sebagai masyarakat yang penuh dengan sopan santun dan etika.
Pidato singkat ini saya tujukan terkhusus untuk diri saya sendiri dan pada umumnya kepada para hadirin sekalian.

Bapak/Ibu para hadirin dan sahabat-sahabatku semuanya
Suatu bangsa akan lemah ketika masyarakatnya sudah tidak bisa menunjukkan moral dalam bertingkah laku.
Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk selalu menjaga moralitas kita dari pengaruh-pengaruh buruk yang dapat merusak nilai kearifan yang sudah kita jalani sekarang ini.
Dewasa ini kehidupan manusia semakin di permudah, semua fasilitas yang ada semakin memanjakan kita semua, kemajuan teknologi kian memudahkan kita untuk menjalankan berbagai macam aktivitas.
Kita tidak boleh dengan mudahnya terbuai yang kemudian menyalahgunakan kemudahan-kemudahan yang kita dapat. Kita harus memanfatkannya untuk tujuan-tujuan yang bersifat positif.
Bapak/Ibu sekalian….
Merupakan sebuah tanggung jawab besar bagi orangtua untuk selalu memantau putra-putri kita agar terhindar dari berbagai macam potensi pengaruh buruk yang dapat merusak moral dan akhlak mereka.
Orangtua harus senantiasa memberikan nasehat yang mendidik kepada seorang anak. Ini sangatlah penting sebagai pondasi untuk membentengi anak-anak dari sesuatu yang dapat menjerumuskan ke perilaku-perilaku yang tidak baik.
Caranya dengan mengajari mereka pendidikan agama sejak dini, memberikan informasi-informasi yang membuat mereka bersemangat untuk mau belajar, mengajak mereka ke suatu tempat yang sarat akan edukasi moral dan karakter.

Tidak hanya itu, kita juga harus rela menyisihkan waktu untuk mendengar curhatan-curhatan anak-anak, keluh kesah mereka dan akhirnya bisa memberi cara pandang baru untuk melihat suatu masalah serta menemukan solusinya.
Sahabatku sekalian yang saya cintai..
Betapa pentingnya arti sebuah moral. Bangsa Indonesia ini tidak akan mampu menopang kokohnya pilar kebhinekaan ketika adat ketimuran yang santun dan ramah sudah hilang dari kehidupan sehari-hari.
Maka sebab itu, marilah kita untuk tetap menjunjung tinggi nilai moral, etika bermasyarakat, karakter gotong royong, nuansa tenggang rasa dan menghargai perbedaan.
Dimulai dari kita sebagai orangtua, kemudian kita ajarkan kepada anak-anak kita, agar bangsa yang majemuk ini senantiasa terhindar dari kemungkinan yang tidak kita inginkan.
Semoga kita tetap dalam lindungan dan rahmat yang dianugerahkan oleh Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Demikianlah yang bisa saya sampaikan, semoga memberikan manfaat bagi kita semua dan apabila ada sepatah kata yang kurang berkenan di hati, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
 
 
 
Nah, itulah contoh naskah pidato singkat tentang pendidikan, Anda boleh berkreasi dan mengembangkannya menggunakan kalimat sendiri sesuai dengan kemampuan, Semoga dapat memberikan manfaat.


EmoticonEmoticon