Rumus Dasar Excel Lengkap | Belajar Microsoft Office

Rumus dasar excel ini merupakan dasar penggunaan rumus pada operasi aritmatika yang terdiri dari operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, rumus dasar ini bagi  teman teman sobat excel yang baru mengenal aplikasi ms excel dan sama sekali belum familiar dengan cara menggunakan rumus dan fungsi yang terdapat pada ms excel.
Berikut ini tabel ilustrasi dari operasi dasar aritmatika
Bil 1
Bil 2
Bil 1 + Bil 2
Bil 1 - Bil 2
Bil 1 * Bil 2
Bil 1 / Bil 2
1
2
3
-1
2
0.5
0
1
1
-1
0
0
1
0
1
1
0
Tak terhingga

Dari ilustrasi pada tabel diatas yang perlu disoroti adalah hasil pembagian suatu bilangan jika dibagi dengan nol maka akan menghasilkan tak terhingga.

Operasi Aritmatika Pada Excel


Cara Menjumlahkan / Penjumlahan Pada Excel

Operasi penjumlahan pada ms.excel merupakan rumus untuk menjumlahkan bilangan satu dengan bilangan lainnya menggunakan tanda + pada tombol keyboard.
Penjumlahan di excel
Penjumlahan di excel
Contoh rumus dasar untuk menjumlahkan bilangan-bilangan tersebut sobat excel bisa menggunakan = bil 1 + bil 2 + bil3 seperti contoh pada sel E2 yaitu =A2+B2+C2 maka hasil yang didapatkan adalah 4.
 
 

Cara Mengurangi / Pengurangan Pada Excel

Operasi pengurangan pada ms.excel merupakan rumus untuk mengurangi bilangan satu dengan bilangan lainnya menggunakan tanda - pada tombol keyboard.
Pengurangan di excel
Pengurangan di excel
Pada operasi pengurangan mempunyai cara yang sama dengan operasi penjumlahan pada excel hanya operator yang digunakan adalah tanda - seperti pada contoh gambar diatas pada sel E2 hasilnya adalah -4 dari pengurangan Bil 1(A2) - Bil 2 (B2) - Bil 3 (C2).

Cara Mengalikan / Perkalian Pada Excel

Operasi perkalian pada ms.excel merupakan rumus untuk mengalikan bilangan satu dengan bilangan lainnya menggunakan tanda * pada tombol keyboard.
Perkalian di excel
Perkalian di excel
Pada rumus perkalian apabila suatu bilangan terdapat angka 0 maka hasilnya adalah 0 seperti pada contoh sel E2.

Cara Membagi / Pembagian Pada Excel

Operasi pembagian pada ms.excel merupakan rumus untuk membagi bilangan satu dengan bilangan lainnya menggunakan tanda / pada tombol keyboard.
Pembagian di excel
Pembagian di excel
Bila suatu bilangan dibagi dengan angka 0 maka hasilnya adalah bilangan tak terhingga sehingga pada rumus dasar ms.excel hasil suatu bilangan dibagi dengan 0 akan mengembalikan nilai #DIV/0!.

Fungsi-Fungsi Dasar Pada Excel

Selain rumus-rumus dasar pada excel, dalam bekerja menggunakan aplikasi ms.excel seringkali akan menggunakan function atau fungsi. berikut ini adalah fungsi-fungsi dasar pada excel yang sering digunakan.

Fungsi IF Pada Excel

Fungsi if merupakan suatu fungsi yang digunakan untuk mengembalikan suatu nilai TRUE jika sesuai dengan kondisi yang ditentukan atau bernilai BENAR dan mengembalikan nilai FALSE jika tidak sesuai dengan kondisi yang ditentukan atau bernilai SALAH.
 

Fungsi SUM Pada Excel

Fungsi sum merupakan suatu fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan nilai angka-angka berdasarkan rentang cell atau yang biasa disebut dengan array.

Fungsi COUNT Pada Excel

Fungsi sum merupakan suatu fungsi yang digunakan untuk mendapatkan jumlah entri (sel) yang berisi angka (hanya angka) dalam rentang array yang ditentukan.


EmoticonEmoticon