Mengatur Format Tanggal/DATE Hari, Bulan, Tahun di Excel | Belajar Microsoft Office

Berbiacara microsoft office excel tidak lepas dari semua hal yang ada kaitannya dengan pengaturan angka, termasuk pengaturan tanggal (hari, bulan, tahun) di microsoft excel. Seperti yang kita ketahui format awal (default) ms excel biasanya berawalan bulan-tanggal-tahun yang merupakan format standart yang regionalnya menggunakan standart english, padahal untuk format penulisan tanggal di Indonesia menggunakan DD-MM-YYYY atau diawali dengan hari-bulan-tahun, naah disini saya akan menjelaskan maksud untuk pengaturan tanggal /DATE di microsoft excel.

Meskipun pada dasarnya cara ini juga bisa anda pergunakan untuk format yang lain, semisal dd/mm/yyy (ex;12/05/2013), atau dd-mm-yy (ex;25-03-2013) atau format lain seperti dd mmmm yyyy (ex ; 27 juni 2013) dan format penanggalan lainnya. Namun pada intinya untuk mendifinisikan DATE ialah :
D = Day = Hari, jadi jika ingin menampilkan hari 2digit berarti ditulis DD
M = Month = Bulan, Sama seperti diatas, yakni untuk penulisan format bulan
Y = Year = Tahun, Untuk format tahun.

Baca Juga:

Cara Sederhana Menghemat Tinta Ketika Ngeprint dengan Ms Excel | Belajar Microsoft Office



Uraian diatas merupakan pemahaman dasar menganai pengaturan tanggal/DATE di microsoft excel, adapun untuk pengaturan tanggal dalam ms excel sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda gunakan, namun disini saya akan menjelaskan cara yang simple dan paling sering digunakan oleh pengguna excel yang sedang belajar excel.

Mengatur Format Tanggal/DATE Hari, Bulan, Tahun di Excel
1. Pilih/seleksi/blok cell yang ingin di atur format tanggal/DATE nya.
2. Kemudian klik kanan pada mouse, pilih Format Cells seperti gambar berikut

3. Pada tab menu Number, pilih menu "Date"
4. Pada opsion "Location" pilih Indonesia, serta bagian "Type" merupakan format penanggalan yang bisa anda pilih, dan jangan lupa lihat sample untuk melihat perkiraan nantinya. Misal disini saya memilih type=14 Maret 2001, maka ketika saya mengetikkan 17/08/2013 yang keluar/tampil ialah 17 agustus 2013.

5. Jika sudah sesuai dengan yang diinginkan, silahkan klik OK

Sampai sini biasanya sudah bisa, namun jika ternyata masih belum bisa dalam artian format excel untuk tanggalnya masih diawali bulan-tanggal-tahun, meskipun di pilihan datenya sudah dipilih format indonesia dd-mm-yyyy. Maka solusinya ialah anda atur /setting format Regional and Language di PC anda.
Cara mengatur penanggalannya seperti berikut ini :
1. Buka control panel melalui Start >> Control Panel, lalu pilih menu Regional and Language seperti
ini

Baca Juga:

Contoh Rumus Excel dalam Pendataan Administrasi Rumah Sakit | Belajar Microsoft Office




2. Maka akan tampil format Date yang sdang digunakan, pada pilihan Format=Indonesia serta pada pilihan Short Date = dd/mm/yyyy dan Long date=dd mm yyyy Mungkin untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah

3. Pilih OK, dan silahkan restart "tutup>>buka ulang" microsoft excel anda.


EmoticonEmoticon