Fungsi Rumus COUNT dan COUNTBLANK dalam Ms Excel | Belajar Microsoft Office

Bila kita mau mencermati rumus excel yang sudah ada sekarang ini sangatlah bervariasi, salah satunya rumus excel COUNT, COUNTBLANK yang sering dijumpai dalam microsoft excel. Rumus COUNT dan sejenisnya ini merupakan rumus excel yang mendasar dan sifatnya cukup simple sehingga varian yang di hasilkannya pun cukup simple dan sering kita jumpai dalam perhitungan-perhitungan sederhana untuk mengetahui variable yang sudah kita buat ataupun sebaliknya, disini penulis akan share mengenai fungsi rumus excel COUNT dan COUNTBLANK yang bisa anda praktekkan, dimana sebelumnya juga pernah saya share penggunaan fungsi COUNTIF dalam microsoft excel.

Meskipun kelihatan sederhana namun kadang-kadang kita memerlukannya dalam suatu urusan tertentu, naah maka dari itu disini akan dijelaskan secara lebih detail mengenai penggunaan rumus excel COUNT dan COUNTBLANK dalam Microsoft excel.

Baca Juga:

Mengenal Menu Pada ms Word Bagi Pemula | Belajar Microsoft Office


Fungsinya untuk mengetahui jumlah range-range data yang terisi dalam suatu range data di excel
Penggunaan Rumus =COUNT(Criteria)
Contoh Rumus COUNT

dalam contoh diatas rumus yang di gunakan, ialah =COUNT(C4:C10)
dimana criteria data yang ingin dicari ialah kolom C4 sampai C10

Fungsi Rumus COUNTBLANK di Excel
Fungsi dari rumus COUNTBLANK ialah kebalikannya yakni untuk mengetahui jumlah range-range data yang kosong dalam suatu range data di excel
Penggunaan Rumus =COUNTBLANK(Criteria)
Contoh Rumus COUNTBLANK

Itulah fungsi dari rumus excel COUNT dan COUNTBLANK yang bisa penulis sharekan buat rekan-rekan pembaca, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon